Minggu, 11 Januari 2009

Langkah Baru Janji Baru

Ryan Sugiarto

Sangat memungkinkan dan sudah menjadi hal wajar, manusia yang mengklaim rasional dan berbalut modernitas senantiasa menyediakan ide baru, langkah baru, dan janji baru memasuki tahun yang terbilang baru. Disinilah letak dari sebuah harapan (baru) yang biasa jadi mendorong manusia untuk selalu berusaha menghidupi diri dan gagasannya dengan lebih baik.

Seorang yang menginginkan sesuatu yang baru tentu mengganjar dirinya dengan cara-cara meraih sesuatu yang dianggap baru atau yang lama yang belum menemukan gapaiannya. Dan ajang tahun baru, lebih extreamennya hari baru, menjadi satu cara momentum manusia menemukan titik awal baginya.

Manusia rasional dan yang menggauli modernistis konon menapakkan tahun baru sebagai landasan bagi kerja-kerja terukur kemudian. Mereka, menjadikan akhir tahun sebagai ruang evaluasi bagi target-target yang ditetapkan sebagai awal. Begitulah cara manusia rasional mengukur kemampuan dirinya dari tahun ketahun. Sebuah capaian jangka pendek. Konon inilah yang dinamakan sebuah resolusi baru.

Dan menjadi lazim dilakukan masa modern seperti ini. Karena konon manusia yang tanpa rencana dalam hidupnnya adalah manusia yang meneukan kegagalan hidup paada masa depannya. Benarkan demikian? Diri sendir yang bisa menjawab itu.


[070109]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar