Selasa, 06 Januari 2009

Teriring Salam dan Sukses Untuk Semua

Ryan Sugiarto

”Teriring salam sukses kepada teman-teman satu generasi. Selamat berjuang. Proses diaspora kita telah benar-benar berjalan. Semoga kita ingat tetang pewarnaai cita-cita kepda sebuang bangsa yang kita diami ini. Tentang sekelompok kaum muda yang, saat ini sedang berdiaspora, ingin membuat dunia yang lebih adil untuk sesama.

Kepada kalian yang mulai merapat pada birokrasi negara, belajarlah. Karena da yang lebih baik pada hari kemudian dengan adannya kalian. Kepada kalian yang sudah merapat pada suara perwakilan, belajarlah. Bahwa nanti, jika kalian menjadi suara dari yang kalian yakini, akan ada masa yang lebih adil untuk sesama.

Lalu kepada kalian, yang bergerak bebas di luar kekuasaan yang mengatas namakan negara. Berbuatlah lebih, juga belajarlah. Karena sesungguhnya fase kita ini adalah fase diaspora saja. Dan kepada kalian yang kini bergerak di wilayah akademi dan intelektual, bergegaslah membuat perubahan. Sesungguhnya perubahan lebih mudah dari pemikiran.

Janga lupa bahwa kita sedang belajar menjadi pemikir, mati-matian ingin menjadi pemikir pada perubahan yang lebih baik itu. Saya yakin sejarah kita, tidak akan hilang dalam ingatan kita masing-masing. Bukan sekadar beromantisme, tetapi jauh lebih dari itu adalah pijakan semua. Tidak da yang lebih baik, jika kita tak mempunyai sejarah. Karena sejarah adalah perbandingan dalam setiap fase. Kita tak bisa membanding hari ini dengan masa depan dengan benar.

Lalu kepada kalian, satu angkatan, yang masih di kursi kampus, janganlah berlama-lama dengan belenggu itu. Sebab saya yakin ada hal baru yang menunggumu, tentang peran-peranmu setelah ini.”

Ini bukan soal kita memperkaya diri sendiri dengan yang namanya kerja. Tetapi soal cita-cita, jika kau masih ingat, terhadap dunia yang lebih adil itu. Tentang suatu harapan bahwa sebuah pertemuan yang pernah kita rancang akan menemukan titik terang dimana yang kita sebut komunitas akan nampak dan lebih baik.

[030109]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar