Kualitatif Jurnal
No.01/I/29 Oktober 2011
Kelas pertama dalam mata kuliah metodologi Penelitian Kualitativ, dengan dosen pengampu Pak subandi Ph.D, menawarkan satu perkuliahan yang menarik. Beliau memberikan tugs untuk membuat proposal penelitian kualitatif sampai tengah semester, dan penelitian kecil hingga akhir semester. Artinya perkuliahan ini selama satu semester akan menghasilkan penelitian kecil. Petanyaannya adalah dimana sisi menariknya? Mahasiswa dirangsang untuk membuat topic penelitian tesis sejak semester pertama. Artinya menyiapkan tema sejak dini agar pengerjaan tesis mempunyai bekal teoritis dan metodologis yang lebih awal.
Bagi mahasiswa yang sudah mantap dengan tema tesisnya sejak awal, perkuliahan ini akan menjadi starting poin, atau pemanasan untuk pengerjaan tesis. Sehingga semua keperluan, baik mteri, teori, dan metodologi bisa dikumpulkan dan dielaborasi dari semester pertama. Bahkan bisa jadi pengerjaan sudah bisa dilakukan untuk bab 1, bab 2, dan bab 3 laporan tesis sebagai bahan mentah yang bisa berubah seiring pelaksanaan penelitian tesis itu sendiri.
Pilihan seperti ini menarik Kenapa? Oleh karena jenjang pendidikan pascasarja sudah semestinya mempunyai kematangan dalam mempersiapkan diri untuk menekuni pada kajian apa ia berada. Pada titik inilah sesungguhnya perkuliahan bukan lagi bersifat umum, tetapi mahasiswa bisa sejak awal mengambil posisi untuk menentukan focus kajian.
Mata kuliah ini kemudian juga dibekali dengan review jurnal. Disinilah asupan, materi dan metodologi bisa dipelajari oleh mahasiswa langsung dari literature hasil penelitian dan jurnal internasional.Review jurnal memungkinkan mahasiswa untuk mendalami dan memilah mana metodologi yang sesuai dengan jenis tesis yang akan digarapnya. Didalamnya tentu juga sekumpulan teori menyertai sebagai pisau analisis. Review juga akan memberikan pengetahuan tentang hasil penelitian terkait dengan tema tesis mahasiswa yang bersangkutan. Hasil review beberapa jurnal ini kana menjadi amunisi dalam pengerjaan tesis kemudian hari. Artnya tidak ada alasan sesungguhnya mahasiswa kelabakan dalam menyiapkan materi dan teori.
Dengan bekal tugas-tugs tersebut saya kira mahasiswa akan mengasah kembali kepekaannya dalam mengidentifikasi masalah, sumber literature, dan pendalaman metodologi yang diinginkannya. Terlepas dari kontek sebagai mata kuliah wajib, proses perkuliahan yang ditawarkan dalam kelas ini menjadi pilihan sadar bagi mahasiswa untuk mendalami dimana posisi tesisnya akan dikembangkan kemudian.
Perkuliahan ini dalam hemat penulis menawarkan jalan lurus menyelesaikan teisis tanpa berlarat-larat. Oleh karena sudah disiapkan sedari mula. Maka pilihan-pilihan awal untuk metodologi dalam penelitian menjadi sangat penting apakah menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif. Bagi mahasiswa yang sudah mempunya rancangan metodologi penelitiannya kualitaitif, sekali lagi, proes perkuliahan ini penting merumuskan sedari mula bentuk tesisnya. []
Note: naskah ini adalah catatan selama semester pertama yang baru bisa diunggah sekarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar