Kamis, 10 Januari 2013

Penelitian Ethnografi


Kualitatif Jurnal| No.08/I/25 November 2011


Pertemuan ketujuh selasa (22/11), kelas ini membicarakan Ethnography sebagai salah satu metode dalam penelitian kualitatif. Apa yang terlintas dalam Anda ketika disebutkan Ethnography? Mungkin yang akan segera terlintas adalah budaya, antropologi, sosiologi. Pertanyaan selanjutnya, adakah hubungan ethnography dengan kajian psikologi? Jawabannya tentu saja ada, dan sangat berkaitan.

           Apa itu ethnography dalam kaitannya dengan metode penelitian kualitatif? Kelas ini membahas secara umum bagaimana metode penelitian ethnography, konsep, praktis, dan contohnya dalam kajian psikologi. Secara umum penelitian ethnografi adalah penelitian yang mempelajari perilaku dalam konteks kehidupan sehari-hari. 
       Hal pokok dari etnografi adalah live In, untuk mengikuti dan menyimak perkembangan hidup keseharian dari warga masyarakat dimana peneltian itu berada. Metode penting dari penelitian ethnografi adalah obsevasi, bergaul dengan masyarakat secara umum, menempatkan diri sebagai pengamat yang dengan cermat menikmati sesuatu yang baru. Dari  proses pengamatan inilah kemudian di tuliskan semua hasil observasinya.catatan  Inilaih yang disebut dengan field note yang kemudian menjadi dasar dari penulisan dalam penelitian ethograafi.
         Penelitian ethnografi bukanlah semata-mata penelitian tentang kebudayaan suatu masyarakat semata. Dalam perkembangannya, penelitian ethnografi mempunyai varian yang bisa diterapkan dalam beragam ruang. Ethografi sekolah, etnografi rumah sakit, ethnografi indusri, dan organisasi, dan lainnya. Pada lokus-lokus itulah kemudian prinsip dan metode ethografi secara umum dipakai untuk melihat pengertian spesifik masing-masing.
              Ethografi sekolah, misalnya, meneliti kehidupan warga sekolah secara umum. Bukan hanya siswa, guru, tetapi tata usaha, petugas kebersihan, dan semua relasi antar unsur di dalamnya. Demikian juga dengan ethografi rumah sakit, melihat relasi antara dokter, nurse, dan pasien dengan smeua orang yang terlibat di dalamnya. Hal ini akan menimbulkan pandangan lebih dalam tentang bagaimana kehidupan dan cara pandang orang-orang yang berada pada rumah sakit tersebut dalam melihat pasien, melihat pelayanan ruimah sakit, mempersepsi dokter dan lain sebagainya.
          Ethografi perusahaan. Contoh, bagaimana posisi perusahaan yang dipegang oleh seorang  keturunan tionghoa  dan kudaya organisasi yang dikembangnya. Ethnografi perusaaan melihat gaya managemen, budaya organisasi, dan sikap dalam bekerja dari semua elemen yang berada dalam lingkungan perusahaan yang bersangkutan.
         Perkembangan lokus-lokus ethnografi ini memberikan pengertian yang lebih luas, dari masa lalu. Masa lalu ethografi selalu dimaknai sebagai penelitian kebudayaan dalam masyarakat yang unik. Tapi kini ethografi bukan semata-ata dimonopoli oleh  cabang ilmu pengetahuan antropoogi dan sosiologi, psikologi menggunakannya dengan makin maksimal untuk melihat kondisi pada masyarakat yang lebih kecil. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar