Sabtu, 07 Juni 2008

Menemukan Kenyamanan Menjadi yang Tersukses

Ryan Sugiarto

Bill Gates, pendiri dan pemilik perusaaah software terkemuka, Microsoft, memaparkan salah satu cara menjadi orang tersukses. Baca lagi terseukses. Tidak hanya sukses. Menurutnya yang paling harus diketahui pertama kali adalah apa yang kamu sukai dari dirimu. Kerjakanlah hingga kamu tidak merasa bosan dengannya, Hingga kamu merasa sangat nyaman, sampai kamu tidak merasa kamu sudah melakukannya.” Ungkapnya dengan arti bahsa yang kurang lebih demikian.

Kenalilah bakatmun dan buatlah dirimu nyaman dengan itu. Maka yang ada dalam pikiranmu hanyalah bagaimana kamu membuat hal-hal baru, varian-varian baru dari apa yang kamu kerjakan tadi.

Dengan demikian itu yang akan menemukan potensi besarmu yang sesunggunya. Bill Gates menilai, hal itu yang tidak akan pernah didapatkan dalam sekolah, begitu pengamatan yang dia kalukan dari sekolah-sekolah di Amerika. Dan ini kiranya yangberlaku dalam sekolah-sekolah didunia pada umunya. Tidak memfasilitasi muridnya untuk menemukan bakat dan kenyamanan meraka dalam menjalankan apa yang murid sukai.

Itu juga yang dilakukan oleg Google Boys. Dua anak muda yang mendirikan persahaan mesin pencari datadi duni maya Google dengan mesin Google-bot. Yang ia pikirkan hanyalah kesenangan meraka mengerjakan apa yang merak inginkan. Hingga meraka tak terasa telah bekerja selama 24 jam sehari dalam sebuah ruang kecil yang merak sewa dari teman mereka. Demikian kesenangan dan kenyamanan mengakibatkan perubahan besar dalam kehidupan untuk mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Mereka bukanlah produk-produk dari sekolah-sekolah formal yang kita kenal selama ini. Dan berani berpikir “Thinking out of the box” .[]

[010608]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar