Sabtu, 07 Juni 2008

Rasa Ingin Tahu adalah Induk dari Segala Kreativitas

Ryan Sugiarto

Yang perlu ditanamkan pada dunia anak, dan juga pendidikan pada umumnya adalah rasa ingin tahu. Tak sekedar itu, menumbuhkan, tetapi juga bagaimana menyuburkan rasa ingin tahu, tentang segala hal itu pada manusia terutama anak-anak. Pertama agar ia terangsang untuk berpikir. Dan kedua agar ia terangsang untuk mencari tahu.

Jika rasa ingin tahu tak akan terpenuhi dengan sepenuhnya. Keingintahuan yang terpenuhi hanya berusaha merangsang keingintahuan-keingintahuan yang lain. Dan dari sana sangat mungkin akan menghasilakn apapun sebagai produk dari rasa ingin tahu. Apapun bentuknya. Pemikiran, metode, atau alam bentuk barang fisik.

Begitulah cara kerja segala induk dari yang namanya kreatifitas manusia. “O..ini menjadi begini, dan setrusnya akan begini. Bagaimana kalo begini ya? Apa yang akan dihasilkan,” begitu pikiran itu berkata.

Ia akan sedikit terpenuhi dari belajar, membaca dan juga melakukan eksperimen-eksperiman.

Susah mengasah rasa ingin tahu. Pada diri sendiri dan juga mengajarkannya pada orang lain. Bahkan pada level gurupun, mencari tahu apa yang memang bisa diajarkan oleh mereka tentang rasa ingin tahu pda anak didiknya juga tidak tahu. []

[060608]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar